KANKER PART I

 crukmig_1000img-12350

Kanker, penyakit ini merupakan penyakit nomor wahid yang harus diwaspadai dan juga merupakan penyakit yang paling ditakuti di seluruh penjuru dunia. Kanker merupakan, pembunuh nomer 1 di negara berkembang, dan juga pembunuh ke-3 besar di seluruh dunia setelah penyakit jantung. Definisi kanker sendiri ialah, suatu penyakit yang di sebabkan oleh tumbuhnya sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan di sekitarnya atau menularkannya melalui peredaran darah, dan peredaran getah bening. Gejala penyakit kanker sendiri berbeda-beda sesuai tempat dimana ia tumbuh. Sedangkan untuk diagnosis awal penyakit kanker ini biasanya dilakukan tindakan yang disebut dengan biopsi, yaitu suatu pembedahan ringan pada tubuh yang diindikasikan tumbuhnya sel kanker. Jika kanker sejak dini telah terdeteksi, dan juga dilakukan tindakan-tindakan awal, maka bisa saja kanker ini disembuhkan. Namun dalam kenyataannya kanker pada tahap stadium awal sulit sekali terdeteksi dan juga terlihat gejala-gejalanya, setelah memasuki stadium lanjut baru akan terlihat gejala-gejalanya. Tentu saja jika kanker ini pada stadium lanjut baru terdeteksi, maka resiko kematiannya akan semakin besar. Kebanyakan penyakit kanker menyebabkan kematian pada pasien yang menderitannya. Kanker identik dengan tumor, tumor adalah massa jaringan yang tidak normal, atau banyak orang-orang menyebutnya sebagai “daging tumbuh”. Tumor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tumor “jinak” (tumor yang tidak bersifat kanker), dan tumor “ganas” (tumor yang bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyebar ke jaringan-jaringan di sekitarnya dan juga ke organ-organ lain memalui peredaran getah bening dan juga peredaran darah.

Jenis-jenis Kanker

Jenis-jenis kanker yang telah dikenal saat ini yaitu :

  • Karsinoma

Yaitu jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melamin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, lambung, pangkeas, dan esofagus.

  • Limfoma

Yaitu jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya jaringan limfa, lacteal, limfe, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang belakang. Limfome spesifik terhadap penyakit Hodgkin (kanker pada kelenjar limfa dan kelenjar limfe).

  • Leukemia

Kanker jenis ini tidak membentuk massa tumor, tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal.

  • Sarkoma

Yaitu jenis kanker dimana jaringan penunjang yang berada di permukaan tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel-sel yang ditemukan di otot dan di tulang.

  • Glioma

Yaitu kanker susunan syaraf, misalnya sel-sel glia (jaringan penunjang) di susunan syaraf pusat.

  • Karsinoma In Situ

Yaitu istilah yang digunakan untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di daerah tertentu sehingga masih dianggap lesi prainvasif (kelainan atau luka yang belum menyebar).

Itulah sedikit ulasan mengenai penyakit kanker, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s